[Android] Shared Element Activity Transition

patterns-gestures-gestures-long-press-drag_large_xhdpi

Well i’m still alive haha.. Invasi Java 8 ke Android cukup menyita waktu tidur so belum sempet nulis-nulis lagi *mencari alasan hohoho.

So kali ini mau share sedikit mengenai Transition, lebih tepatnya shared element activity transition. Seperti yang sudah kita tahu, transisi antara activity di Android selalu memberikan efek animasi untuk satu view hierarchy. Nah akan tetapi dengan shared element transition, kita bisa memberikan efek animasi hanya pada satu atau beberapa view yang kita inginkan saja. Tujuannya adalah agar aplikasi dapat memberikan efek continuity kepada user.

Lanjutkan membaca [Android] Shared Element Activity Transition

[Android] Unit Test dan UI Test dengan JUnit, Mockito, Espresso

android testing

“Testing ?”, “Yes.. because every pro always testing !”.. *hhaha just kidding. So ceritanya di tempat kerja sekarang, setiap developer harus bikin Unit dan UI test untuk aplikasi yang lagi di’develop. Alhasil penulis yang sebelumnya ngga pernah bikin test jadi punya banyak PR deh hehe. Nah postingan kali ini akan coba bahas Unit Test dan UI / Instrument Test dengan JUnit, Mockito, dan Espresso Framework.

Android Studio menyediakan tools yang diperlukan untuk kegiatan testing, mengenai alasan kenapa testing itu diperlukan tidak akan dibahas di postingan ini, karena jika teman-teman yang di depan komputer lagi baca tulisan ini, itu artinya kita sama-sama setuju kalau testing itu penting 🙂

Lanjutkan membaca [Android] Unit Test dan UI Test dengan JUnit, Mockito, Espresso

[Android] Apa itu Firebase ?

Firebase

Firebase adalah BaaS (Backend as a Service) yang saat ini dimiliki oleh Google. Firebase ini merupakan solusi yang ditawarkan oleh Google untuk mempermudah pekerjaan Mobile Apps Developer. Dengan adanya Firebase, apps developer bisa fokus mengembangkan aplikasi tanpa harus memberikan effort yang besar untuk urusan backend. So it’s awesome right 🙂

Beberapa fitur yang dimiliki oleh Firebase adalah sebagai berikut :

1. Firebase Analytics.
2. Firebase Cloud Messaging dan Notifications.
3. Firebase Authentication.
4. Firebase Remote Config.
5. Firebase Real Time Database.
6. Firebase Crash Reporting.

Lanjutkan membaca [Android] Apa itu Firebase ?

12 hal yang dialami Android Developer

image

こんにちは 。*mudah-mudahan waktu postingan ini dipublish masih ada sisa tenaga buat ngedaki haha restless, cheerful, charming tenacity 😀 hahaha

So kali ini ceritanya mau share tentang 12 hal yang biasanya dialami sama Android developer di kehidupan sehari2, but semua ini cuma personal experience pribadi aja yang dirasa terjadi juga sama orang lain hhehe, so here’s the story !

Lanjutkan membaca 12 hal yang dialami Android Developer

[Java] Apa Itu Polymorphism

java

every step is a pain without solid foundation” ~ well that’s true hhaha. So kali ini mau cerita tentang “Polymorphism” di Java. Apa itu Polymorphism ? Polymorphism adalah kemampuan sebuah objek untuk mempunyai bentuk lebih dari satu. Sedikit bingung ? haha, artinya adalah sebuah objek bisa mempunyai reference dengan tipe A dan mempunyai bentuk objek dengan tipe B. Dengan catatan tipe B adalah merupakan tipe A, baik dengan inheritance, maupun dengan interface. Polymorphism ini sangat berguna ketika kita membuat method yang bisa menerima parameter yang tidak terikat hanya pada satu class saja.

Lanjutkan membaca [Java] Apa Itu Polymorphism

[iOS] Slide Out Menu dengan SWRevealViewController (Swift 2, iOS 9, Xcode 7)

slide out menu

SSH Gitlab : git@gitlab.com:bnctvns/slide-out-menu-demo.git

Download Zip : Slide Out Menu Demo

Ditemani track “Wherever you are” nya ONE OK ROCK and susu dancow coklat *hhaha, postingan kali ini mau cerita tentang membuat Slide Out Menu untuk aplikasi iOS (you don’t say ?? haha). Slide Out Menu ini hampir serupa dengan Navigation Drawer’nya Android. Salah satu perbedaannya adalah Navigation Drawer Android muncul di depan view yang sedang aktif, sedangkan Slide Out Menu iOS muncul di belakang view tsb. Slide Out Menu ini dibuat dengan class SWRevealViewController yang ditulis dengan bahasa Objective C, namun walaupun begitu kita bisa mengintegrasikannya dengan Swift. And that being said, let’s fire our XCode !

Lanjutkan membaca [iOS] Slide Out Menu dengan SWRevealViewController (Swift 2, iOS 9, Xcode 7)

[iOS] Swift vs Java – basic mode

swift vs java

Swift adalah bahasa pemrograman yang dibuat oleh Apple Inc. untuk menggantikan bahasa Objective C dalam mengembangkan aplikasi berbasis iOS. Sedangkan Java adalah bahasa pemrograman yang dipilih Google untuk mengembangkan aplikasi berbasis Android. Swift saat ini berstatus Open Source yang artinya dapat digunakan di platform non Apple seperti Windows dan Linux. Di postingan kali ini kita akan mencoba mengenal penggunaan basic dari Swift dan membandingkannya dengan bahasa Java. So let’s start !

Lanjutkan membaca [iOS] Swift vs Java – basic mode

[iOS] Enter The Swift

swift

Apple Swift ??Romeo, take me somewhere we can be alone. I’ll be waiting, all that’s left to do is run. You’ll be the prince and I’ll be the princess..” hmm kalo ini sih Taylor Swift hahaha, so what is Swift ? Swift adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Apple Inc. untuk menggantikan bahasa Objective-C yang merupakan bahasa yang digunakan untuk membuat aplikasi untuk platform OS X dan iOS. Sebelumnya Swift hanya bisa digunakan di platform Apple saja, namun sekarang Swift bisa digunakan juga di platform Windows dan Linux karena sudah berstatus Open Source.

Lanjutkan membaca [iOS] Enter The Swift

[Android] Membuat Keystore dan ‘Release APK’ untuk Play Store

Play Store

“Google Play, formerly known as the Android Market, is the official app store for Android smartphones and tablets. Google makes software applications, music, movies and books available for purchase and download through the store.”

Ketika kita selesai men’develop aplikasi Android, hal berikutnya yang sangat dinantikan adalah mem’publish aplikasi ini ke Google Play Store. Walaupun sebenarnya ada alternatif lain selain Play Store yang juga menyediakan jasa untuk mem’publish aplikasi Android, seperti Amazon App Store, GetJarMobogenie, SlideME, dan F-Droid. Nah untuk mem’publish aplikasi Android ke Play Store, kita harus memasang key / fingerprint ke aplikasi kita, key ini dinamakan ‘release’ key. Sebenarnya saat kita melakukan proses development, kita juga memasang key ke aplikasi yang kita buat, setiap kali kita melakukan build. Namun key yang digunakan adalah ‘debug’ key yang penggunaannya khusus untuk proses development saja, dan aplikasi tidak bisa di’publish di Play Store. Nah oleh karena itu kita memerlukan ‘release’ key agar aplikasi bisa di’publish. So bagaimana cara membuat ‘release key’ ?

Lanjutkan membaca [Android] Membuat Keystore dan ‘Release APK’ untuk Play Store

[Side Story] The tales of the Puzzles

code kid

Salah satu hal yang paling menarik dari ‘programming‘ adalah : “there’s always something new in every single day“, at least based on my personal experience hehe. Selalu ada hal yang bikin penasaran di setiap hari nya, momen ketika mikirin error yg belum beres saat mau tidur, dapat secercah pencerahan ketika lagi mandi, ketika 10 jam kerasa jadi 3 jam dan 1 minggu rasanya cuma 2 hari, ngelamun depan laptop 10 menit dan tiba2 bilang “aaahh iyaa gitu caranya !” *temen di sebelah langsung kaget 😀

Lanjutkan membaca [Side Story] The tales of the Puzzles