IAe – Hari-hari di Jalan Pajajaran No 154

paperplane_f1611

Menyambung tulisan saya sebelumnya, minggu kemarin adalah minggu pertama kegiatan OJT (On the Job Training). OJT ini hampir sama dengan kegiatan PKL (Praktek Kerja Lapangan) atau KP (Kerja Praktek), perbedaannya OJT dilakukan oleh karyawan baru yang sudah terikat kontrak dengan perusahaan.

Hari Senin tanggal 22 September, saya dan teman-teman angkatan 47 diserahkan kepada divisi masing-masing. Kalau tidak salah ada 10 divisi, *-tapi saya juga lupa-lupa inget hehehe- : ACS (Aircraft Services), CA (Component Assembler), QA (Quality Assurance), DM (Detail part Manufacture), MP (Manajemen Program), PE (Production Engineering), PL (Pergudangan & Logistik), IT (Information Technology), PM (Pengamanan), dan PF (Pengadaan & Fasilitas). Divisi yang disebut terakhir adalah divisi penempatan saya.

Pukul 07.30 semuanya dikumpulin di Aula, setelah itu masing-masing perwakilan dari divisi datang menjemput kita *-ada juga yang disuruh dateng sendiri ke divisinya, termasuk saya hahaha-. Setelah itu kita dipencar ke masing-masing divisi, dan ditempatin di divisi tersebut sesuai dengan job title nya masing-masing.

Saya dan teman-teman satu divisi PF (ada 8 orang termasuk saya), disuruh ke gedung GPM (Gedung Pusat Manajemen) Lt.2 untuk bertemu Pak Heri, beliau adalah orang yang bertanggung jawab untuk memberikan job title untuk kita. Regu PF ada 8 orang : Aa Romjali, Afrizia, Angga, Cahyo, Novi, Prayoga, Yakobus dan saya sendiri. Aa kebagian job title PF 1000 (bagian logistik), Prayoga & Yakobus kebagian job title PF2000 (bagian pengadaan), Saya, Novi & Angga kebagian job title PF4000 (perancang Telkom), Afrizia & Cahyo kebagian job title PF5000 *-PF goceng 😀 (bagian perawatan fasilitas PT DI).

Regu PF 47th

*PF 47th -bersama instruktur Pak Agus & Pak Moyn- dari kiri ke kanan : Yakobus, Cahyo, Saya, Afrizia, Pak Agus, Novi, Pak Moyn, Aa Romjali, Prayoga, Angga

ACS

*ACS 47th -bersama instruktur Pak Agus & Pak Moyn-

Awalnya saya kira kerja disini tuh bakal berhubungan langsung dengan pesawat atau helikopter, tapi ternyata ngga kaya gitu. Tapi berhubung background saya pas sekolah dulu emang teknik telekomunikasi + sebelumnya kerja di provider seluler, dan sekarang kebagian kerjaan kaya gini, kayanya saya emang ngga akan jauh-jauh dari dunia telkom hahaha.

Kegiatan OJT ini berlangsung sampai akhir Oktober, tepatnya tanggal 31 Oktober nanti. Hari Senin s/d Kamis kita ada di divisi masing-masing, khusus untuk hari Jumat kita balik lagi ke gedung Diklat untuk acara olahraga + sesi presentasi masing-masing orang di Aula. Kalau dulu awal-awal masuk program diklat, kebanyakan dari kita pada ingin cepat-cepat OJT, nah sekarang begitu udah OJT, bilangnya pada ingin balik lagi ke diklat hahaha. Kebanyakan kasus yang ada itu masalah penempatan atau job title yang kurang sesuai dengan harapan masing-masing. Ada yang punya background mesin, tapi ditempatin di posisi administrasi ngurusin dokumen-dokumen. Ada yang punya background teknik kimia tapi ditempatin di posisi pengamanan. Ada juga yang punya background elektronika tapi ditempatin di bagian pergudangan. Tapi kalau menurut senior di divisi saya, kebanyakan memang seperti itu, dunia kerja itu ngga selalu sesuai dengan harapan dan background yang kita bentuk saat di sekolah dulu. Yang terbaik yang bisa kita lakukan adalah melakukan pekerjaan kita sebaik mungkin, apapun dan dimanapun kita diberikan kepercayaan oleh perusahaan. Kalau dulu waktu awal-awal lulus sekolah, ada orang yang pernah bilang ke saya : “jangan lihat pekerjaannya, tetapi lihat manfaatnya”. Dan saya selalu menjadikan kalimat itu sebagai motivasi dalam bekerja.

Hari Senin s/d hari Kamis, Saya, Novi & Angga jalan-jalan keliling kawasan PT DI untuk melihat terminal-terminal box telepon yang ada di gedung-gedung, baik itu gedung perkantoran maupun gedung produksi. Kita juga masuk ke ruangan server di basement. Disini produk yang digunakan adalah PABX MD110 pabrikan Ericsson. Sebenarnya saya juga baru sekarang mengenal jaringan PSTN & PABX, karena sebelumnya fokus di jaringan seluler. Secara garis besar, skema jaringannya adalah : Line dari Telkom -> PABX (Private Automatic Branch eXchange) -> MDF (Main Distribution Frame) -> CTB (Central Terminal Box) -> TB (Terminal Box) -> STB (Sub Terminal Box) -> Outlet (Telepon). Tugas saya adalah melakukan maintenance & troubleshoot jaringan telepon di PT DI. PT DI mempunyai ± 1600 line extention telepon. Dan biasanya pekerjaan yang paling sering dilakukan adalah penggantian kabel dari CTB atau STB ke outlet. Minggu pertama kita hanya diberikan pengenalan perangkat-perangkat tsb. oleh para instruktur (Pak Anang, Pak Susilo, Pak Wahyu, Pak Herman, Kang Ari). Untuk lingkungan kerja saya merasa cukup nyaman dengan suasana yang ada, santai tidak terlalu kaku dan penuh dengan humor hahaha.

PF4000

*Grup PF4000 : Angga, Pak Wahyu, Novi -jalan-jalan ke area hanggar pesawat-

Hari Jumat kita semua angkatan 47 kembali ke gedung Diklat untuk acara olahraga dan presentasi. Setiap orang bertukar cerita satu sama lain dengan penuh antusias, saya rasa hal yang wajar mengingat ada banyak sekali job title di PT DI dan masing-masing orang ingin tahu seperti apa pekerjaan yang dilakukan masing-masing temannya. Untuk hal pertemanan saya merasa kita angkatan 47 sudah sangat kompak, walaupun baru ± 6 minggu sejak pertama kali dikumpulkan, tetapi kita sudah bisa akrab dan saling bercanda seperti layaknya teman yang sudah saling kenal bertahun-tahun hahaha. Tetapi ada satu orang yang menarik perhatian saya, namanya Yuri. Dulu waktu awal-awal masuk diklat, kita cukup dekat, sering ngobrol-ngobrol masalah kegiatan sehari-hari, tapi belakangan jadi agak jauh. Mungkin karena banyaknya kegiatan + pekerjaan yang banyak dan hal-hal lain yang sifatnya pribadi.

Setelah jumpa kangen sama teman-teman dan ngobrol-ngobrol sama sohib kental saya, namanya Rudi, kita pun mulai olahraga. Olahraga kali ini diadain di lapangan di luar kawasan PT DI, tapi ngga terlalu jauh dan masih dalam kawasan AURI juga. Kegiatan olahraga termasuk senam-senam ringan, lari, dan terakhir acara tiarap + ngerayap + jalan jongkok ala tentara buat dapetin ID Card atau kartu pengenal hahaha *-6 minggu kemarin kita belum punya ID Card-. ID Card ini fungsinya selain untuk pengenal, juga untuk keluar masuk gate PT DI (sebelum punya ID Card, kita masuk lewat jalan samping dengan izin khusus dari security), dan terakhir bisa untuk pengajuan dana ke Koperasi hahahaha 😀

ID Card*ID Card

Setelah selesai acara olahraga, kita bersihin badan + ganti pakaian, kemudian sesi presentasi pun dimulai. Beberapa orang bercerita tentang pengalaman & unek-unek selama kegiatan OJT. Ada yang bercerita kalau pekerjaannya lancar, ada yang bilang melelahkan, ada juga yang mengatakan kalau pekerjaannya dirasa kurang cocok dengan harapannya. Kalau saya sendiri saya merasa lancar-lancar saja hehe. Kegiatan presentasi ini menjadi wadah yang cocok untuk berbagi pengalaman masing-masing orang dan cocok juga sebagai selingan kegiatan bercanda kita dan kebetulan juga saya ada rekaman amatirnya 😀

*maaf kualitas videonya rendah, berat uploadnya kalo yang original hehehe.

Pukul 17:00 setelah sesi presentasi selesai, kita semua bubar meninggalkan gedung diklat sambil berjalan santai berbagi cerita dengan teman seperjuangan, bergabung bersama ± 4000 orang yang serentak menuju gerbang IAe dengan tujuan yang sama..

Thx !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s