IAe – Revival of The Broken Wings

GPM

Setelah sekian lama ngga ngepost karena banyaknya kesibukan yang disibuk-sibukin hehe kali ini saya menulis tentang PT Dirgantara Indonesia atau nama kerennya : Indonesian Aerospace (IAe). Lho kok tiba-tiba posting hal beginian ?? hehe berhubung kira-kira 1 bulan yang lalu saya pindah kerjaan ke PT DI, makanya saya rasa ngga ada salahnya coba berbagi cerita tentang tempat kerjaan yang baru ini hehehe. Baiklah dengan sisa-sisa tenaga di malam hari ini, saya mulai ceritanya 😀

Kira-kira 1 bulan yang lalu, tanggal 6 Agustus 2014, saya masuk hari pertama di PT DI. Sebelumnya proses rekrutmen udah dimulai dari bulan April. Jadi kira-kira setelah 4 bulan saya nungguin pengumuman (setelah ikut tes : Psikotest, Interview, Medical), baru deh saya resmi gabung di perusahaan ini. Sebelumnya saya bekerja di salah satu provider seluler di Indonesia, setelah dapat kabar PT DI buka lowongan, saya iseng-iseng gosok berhadiah masukin lamaran hehehe.

PT. Dirgantara Indonesia adalah industri pesawat terbang yang pertama dan satu-satunya di Indonesia dan di wilayah Asia Tenggara. Perusahaan ini dimiliki oleh Pemerintah Indonesia. PT DI berdiri tanggal 23 Agustus 1976, jadi tanggal 23 Agustus kemarin, umurnya sudah 38 tahun.

Hari pertama masuk kerja saya agak kecapean cuma buat jalan ke gedung diklat, (disini karyawan baru wajib mengikuti diklat pelatihan dasar selama 3 bulan) jarak dari parkiran motor ke gedung diklat kira-kira 10 menit jalan kaki, berhubung saya jarang banget olahraga jadi agak capek deh 😀 Disini jam kerjanya dari pukul 07:30 – 16:30, khusus untuk hari Jumat dari 07:30 – 17:00. Sistem absensinya menggunakan finger print, tapi kalo terlambat hukumannya potong gaji hehe. Setiap akhir tahun, jumlah menit terlambat karyawan diakumulasikan, dan akan jadi bahan evaluasi. Tapi untuk karyawan baru, menit keterlambatan ngga boleh lebih dari 1000 menit selama 1 tahun. Oh iya di hari pertama ini juga dikasih tau pembagian divisi masing-masing karyawan, atau tempat bekerja nantinya. Saya masuk ke divisi PF (Pengadaan & Fasilitas) yang sampe sekarang udah 1 bulan belum dikasih tau juga job desc. nya kaya gimana hehehe.

Setelah masuk ke gedung diklat (jumlah karyawan baru 112 orang -disebut batch 47) kita disuruh ngeberesin dokumen-dokumen administrasi, daftarin jari ke database IT -haha- termasuk foto untuk pembuatan ID Card. Dan kegiatan ini makan waktu 1 hari penuh, begitu beres langsung pulang deh haha.

Hari kedua (7 Agustus) sampe 16 hari berikutnya (29 Agustus) kita belajar hal-hal dasar yang wajib diketahui buat pegangan nanti turun ke divisi masing-masing. Mulai dari visi misi perusahaan, tata tertib perusahaan, sejarah perusahaan, lingkup bisnis & kerjasama perusahaan, dan materi-materi teknik seperti basic aircraft, blue print reading, dan pengenalan tools-tools dan mesin-mesin yang digunakan di PT DI. Disini saya baru tau kenapa pesawat bisa terbang, material yang digunakan untuk membuat pesawat dan langkah-langkah proses pembuatan pesawat. Kalo selama ini saya berpikir teknologi yang paling canggih adalah dunia komputer dan internet, sekarang saya baru tau kalo teknologi pesawat terbang ternyata sangat jauh di atas itu.

Tanggal 22 Agustus waktu itu hari Jumat ada demo grup paduan suara PT DI di Aula Gedung Diklat Lt.2. Berhubung saya suka sama paduan suara, waktu itu sempet ngerekam dikit :). Grup padus ini membawakan lagu “mars PT DI”. Ini video amatiran yang saya ambil hehehe *maaf kualitas videonya rendah, berat uploadnya kalo yang original hehehe.

PT Dirgantara Indonesia mengemban tugas yang mulia
Meningkatkan kemasyuran bagi bangsa Indonesia
Menjadikan putra-putri bangsa unggul dalam ilmu dan teknologi
Mengabdikan karya nyata bagi bumi persada
Menciptakan kemajuan bagi bangsa Indonesia

Segenap warga Dirgantara bulatkan tekad dan semangat
Kita saling bahu-membahu mengemban amanat bangsa
Dengan jiwa lugu dan satria gelorakan semangat persatuan
Jadilah harapan bangsa hati bumi Pertiwi
Jayalah PT Dirgantara atas rahmat Yang Kuasa

Maju dan jayalah PT Dirgantara Indonesia…

Oh ada yang kelewat, tanggal 23 Agustus adalah HUT PT DI. Ternyata setiap tahunnya PT DI mengadakan acara open house sebagai salah satu acara ulang tahunnya. Pada kegiatan open house, masyarakat umum diperbolehkan mengitari kawasan industri PT DI dengan menggunakan bus, -kaya di taman safari gitu hehe. Mulai dari bagian Receiving (tempat penerimaan material), Aerostructure (tempat proses pembuatan komponen-komponen pesawat yang terdiri dari banyak divisi), hingga ke bagian Aircfract Integration (tempat perakitan pesawat). Disini dipamerkan pesawat-pesawat seperti CN235, CN295, NC212, NBELL412, NAS332, dan terakhir ke tempat mock up  (replika dengan ukuran sebenarnya) pesawat N250. Dari anak-anak SD sampai bapak-ibu semuanya antusias, ada juga guide untuk memandu peserta open house ini. Dari jam 09:15 – 15:00 pake 4 bus (kapasitas 60 orang) jalan bergantian dengan interval 15 menit, yah kira-kira ada banyak banget pesertanya hehe. Selain acara open house, ada juga acara bazaar, pentas seni, atraksi motor dll.

IMG_20140823_123708

*Ini nih salah dua guidenya waktu lagi di mock up N250, profesional banget deh hehehehe, -sori fotonya aku posting ngga bilang-bilang hahahahaha*

Tanggal 1 September kita angkatan 47 mulai praktek kerja bangku. Disini kita disuruh membuat benda kerja dari bahan aluminium sesuai dengan gambar / drawing yang diberikan instruktur. Tapi sebagian besar harus dikerjakan secara manual. Alhasil kita belajar mengikir, menggergaji, drilling, menggunakan alat ukur dll. Sampe saya nulis postingan ini kita udah jalan 1 minggu untuk kerja bangku ini. Dan benda kerja saya bentuknya ngga karuan hahaha.

Yah mungkin demikian sedikit pengalaman saya 1 bulan di PT DI (masih diklat juga hehe). Mohon koreksi kalau ada kata-kata atau informasi yang kurang tepat. Setelah hampir crash pada 1998 dan kejadian pahit di 2003, kini perlahan tapi pasti PT Dirgantara Indonesia mulai bangkit kembali.

Image (Gedung GPM Dirgantara Indonesia) : http://goo.gl/oy7x1G

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s