Netkit – intro

Gambar

Netkit – “The poor man’s system to experiment computer networking”

Memahami jaringan komputer tanpa melakukan eksperimen secara praktek merupakan hal yang sangat sulit, bahkan bisa dikatakan mustahil. Dan unfortunately biaya untuk membangun laboratorium jaringan bisa dibilang sangat mahal.

NETKIT adalah sebuah environment untuk membangun dan melakukan eksperimen jaringan dengan biaya murah dan mudah. Netkit memungkinkan kita untuk “menciptakan” beberapa perangkat jaringan virtual (router, switch, pc dll.) yang dapat dengan mudah saling berhubungan untuk membentuk jaringan pada satu PC (yang terinstall netkit). Perangkat jaringan yang digunakan memang berbentuk virtual tetapi memiliki karakteristik yang sama dengan perangkat nyata, termasuk interface konfigurasi.

Membuat jaringan virtual dengan netkit dilakukan dengan membuat file konfigurasi yang menggambarkan topologi jaringan yang diinginkan untuk divirtualisasi dengan karakteristik yang identik dengan perangkat yang digunakan di dunia nyata. Netkit kemudian memproses kegiatan virtualisasi perangkat jaringan dan interkoneksi mereka. Atau, jaringan dapat digambarkan dengan menggunakan bahasa berbasis XML yang dikenal sebagai NetML (Network Markup Language).

Netkit terdiri dari tiga komponen yaitu Core yang meliputi dokumentasi. Kernel untuk mesin virtual, dan Filesystem yang berisi alat-alat (tools) dan layanan jaringan (network services).

Untuk download dan melihat dokumentasi netkit, bisa mengunjungi websitenya di wiki.netkit.org

INSTALL NETKIT
*Untuk petunjuk instalasi netkit official bisa dilihat di : wiki.netkit.org/download/netkit/INSTALL

PRAKONDISI :
Netkit HANYA berjalan di sistem operasi Linux. Jika anda menggunakan Jendela … gunakan Linux hehehe …
Sangat disarankan bahwa PC yang digunakan memiliki X (Xorg) server yang telah terinstall (semua distro Linux telah terinstall fitur ini, kecuali Arch). Netkit juga dapat dijalankan hanya dengan sistem terminal, tetapi akan membatasi fleksibilitas ketika harus memulai dan mengelola beberapa mesin secara bersamaan.

Pada dasarnya, tidak ada aturan yang mengharuskan netkit diinstall di filesystem tertentu, namun menginstall netkit pada filesystem Linux non – standar (misalnya FAT32) memungkinkan terjadinya malfungsi. Sangat direkomendasikan untuk menginstall netkit pada filesystem ext2/ext3.

INSTALASI NETKIT :

Dimulai dari netkit versi 2, netkit terdiri dari tiga paket yang berbeda :

Core, yang berisi perintah, dokumentasi dan hal-hal lain yang diperlukan netkit untuk bekerja.
Filesystem, yang berisi sistem untuk mesin virtual.
Kernel, yang berisi kernel yang digunakan oleh mesin virtual.

Pastikan selalu menggunakan rilis terbaru yang tersedia dari ketiga paket . Melakukan upgrade salah satu paket saja dapat menyebabkan malfungsi.

LANGKAH 1 : DOWNLOAD dan EKSTRAK

Download semua file dari wiki.netkit.org/index.php/Download_Official#Latest_Release ke direktori pilihan anda.

Gambar

Kemudian ekstrak paket dengan command berikut :

tar – xjSf netkit – x.y.tar.bz2
tar – xjSf netkit – filesystem – Fx.y.tar.bz2
tar – xjSf netkit – kernel – Kx.y.tar.bz2

Note : Ketiga paket harus berada pada satu direktori yang sama. Direktori ini adalah direktori instalasi netkit. Disini saya menyimpan ketiga paket di folder “Netkit” di direktori “Home”

Gambar

Setelah proses ekstrak selesai, langkah berikutnya adalah mengkonfigurasi netkit (tidak ada hak akses root yang diperlukan untuk mengkonfigurasi).

LANGKAH 2 : KONFIGURASI

Pertama anda harus mengarahkan variabel NETKIT_HOME ke direktori tempat anda menginstall netkit. Sebagai contoh, jika anda menginstall netkit ke direktori /Home/Netkit maka anda harus menjalankan command :

export NETKIT_HOME=/Home/Netkit
export MANPATH=:$NETKIT_HOME/man
export PATH=$NETKIT_HOME/bin:$PATH

Command di atas juga disarankan untuk ditulis di file .bashrc (berada di direktori Home secara default). Sehingga anda tidak perlu selalu menjalankan command tersebut via terminal setiap kali akan menjalankan netkit. Untuk menggunakan fitur auto-completion, tambahkan command berikut di akhir file .bashrc :

NETKIT_HOME/bin/netkit_bash_completion

Gambar

LANGKAH 3 : CEK KONFIGURASI

Masuk pada direktori tempat menginstall netkit, lalu jalankan command :

./check_configuration.sh

Command tersebut berfungsi untuk mengecek konfigurasi netkit di PC anda. Jika terdapat kesalahan, maka akan muncul pesan error beserta solusinya. Jika tidak terdapat kesalahan, maka netkit sudah siap untuk digunakan.

Gambar

Note : Jika PC anda menggunakan arsitektur 64-bit maka anda perlu melakukan update tambahan untuk mesin 32-bit (Netkit secara default didesain untuk mesin 32-bit). Jalankan command berikut :

sudo apt-get update
sudo apt-get install ia32-libs
sudo apt-get install libc6-i386

Untuk mencoba menjalankan netkit, jalankan command :

vstart PC1

Maka akan muncul sebuah terminal kecil bernama “PC1”. Terminal tersebut adalah PC virtual yang terisi kernel Linux (Virtual Machine / VM) yang mempunyai karakteristik sama dengan PC Linux asli.

Untuk melihat daftar VM yang ada, jalankan command :

vlist

Maka akan muncul daftar VM yang sudah anda buat.

Untuk shutdown VM, bisa melalui terminal Host (terminal PC asli anda) dengan command :

vhalt PC1

Atau melalui VM langsung dengan command :

halt

desktop

Note : Filesystem VM akan dibuat di direktori dimana anda menjalankan command “vstart”. Filesystem ini adalah “harddisk” VM anda. Secara default, file ini berukuran 10Gb dengan memory 32Mb. Jika anda menghapus file ini, maka sama saja dengan menghapus PC virtual anda.

Reference : wiki.netkit.org | brianlinkletter.com
Image (Netkit) : goo.gl/1RMXWb

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s