Google – trik pencarian total informasi

google_anime_by_regenald88-d5sdfxn

Google .. siapa yang tidak kenal dengan Google ? Mulai dari anak-anak hingga orang tua sebagian besar tahu apa itu Google. Dahulu saat saya duduk di bangku SD, saat saya ingin mencari tahu tentang sesuatu maka saya akan bertanya pada teman, orang tua, membaca buku, bahkan bermeditasi XD.. Kini, semua orang tampaknya lebih memilih Google ketimbang hal-hal lain untuk mencari informasi.

Apa itu Google ? Google adalah mesin pencari informasi paling populer di internet. Semua orang menyukai Google karena hasil pencarian yang cepat, efektif, dan tampilan yang sederhana. Definisi dari pihak Google :

Google Search is a web search engine owned by Google Inc. Google Search is the most-used search engine on the World Wide Web, handling more than three billion searches each day. The order of search on Google’s search-results pages is based, in part, on a priority rank called a “PageRank”.

Hampir semua pengguna internet selalu menggunakan Google setiap harinya, tetapi tidak semua orang menggunakan Google dengan efektif untuk mendapatkan informasi yang diinginkan. Walaupun mungkin sudah banyak yang mengetahui trik-trik di bawah ini, tetapi tidak ada salahnya untuk kembali sharing. Berikut adalah beberapa trik untuk mengoptimalkan pencarian informasi di Google.

1. Spesifik
Mencari informasi yang diinginkan dari website tertentu dengan : site:[alamat website]. Pencarian di bawah ini akan menampilkan informasi tentang “archlinux” pada website “lifehacker.com”.

site:

Mencari setiap halaman website yang mempunyai judul tertentu dengan : intitle:[judul]. Pencarian di bawah ini akan menampilkan semua halaman website yang pada bagian judulnya terdapat kata “arch” atau “linux”.

intitle:

Kedua metode di atas dapat dikombinasikan. Pencarian berikut akan menampilkan semua halaman di website “lifehacker.com” yang pada bagian judulnya terdapat kata “arch” atau “linux”.

siteintitle

Kita juga bisa melakukan pencarian pada website dengan nama akhiran tertentu dengan menggunakan site:edu [kata kunci]. Pencarian yang ditampilkan adalah kata kunci yang disaring dari semua website dengan akhiran “.edu”. Pencarian di bawah akan menampilkan informasi tentang “archlinux” dari semua website yang berakhiran “.edu”. Kata “edu” bisa kita ganti dengan “gov”, “co.id”, dll.

ekstensi

2. Format
Untuk mencari file dengan ekstensi tertentu, gunakan : filetype:[ekstensi]. Ekstensi yang digunakan bisa berupa pdf, doc, jpg dll. Metode ini adalah salah satu yang paling banyak saya gunakan (biasanya untuk mencari ebook gratisan hehe..).

filetype:

3. Perluas Pencarian
Untuk mencari semua informasi yang berkaitan dengan informasi yang kita inginkan, gunakan simbol asterisk (*). Pencarian di bawah akan menampilkan website dengan kalimat “why linux is good” atau “why linux is great” atau mungkin “why linux is greater and far superior than windows” hehe.

asterisk

4. Eksak
Untuk mencari informasi dengan eksak, kita gunakan simbol petik (” “). Metode ini sangat efektif jika kita ingin mencari judul lagu dengan hanya bermodalkan potongan lirik saja hehe… Pencarian di bawah ini akan menampilkan semua website dengan potongan lirik “when i see your face my hearts burst into fire”.

eksak

5. Membatasi Pencarian
Untuk melakukan pencarian informasi tanpa kata tertentu, kita gunakan simbol minus (). Pencarian di bawah ini akan menampilkan semua informasi untuk kata “metal” tanpa berhubungan dengan “musik metal”. Metode ini sangat berguna jika kita sedang mencari informasi mengenai sesuatu yang mempunyai arti ganda, seperti “metal” untuk informasi mengenai besi dan konstruksi dengan “metal” untuk aliran musik keras dan laki banget XD.

minus

6. Definisi
Untuk mencari definisi sebuah kata atau kalimat, kita tidak perlu melakukan pencarian ke dalam website. Cukup dengan menggunakan define:[kata kunci]. Metode ini sangat efektif untuk mencari definisi singkat sebuah kata atau kalimat tanpa harus mengunjungi wikipedia.

define

7. Link
Untuk melihat semua website yang memasang tautan / link ke website pada kata kunci. Pencarian di bawah ini akan menampilkan semua website yang memasang link ke website Kali Linux [www.kali.org].

link

8. Info
Untuk menampilkan deskripsi dari website pada kata kunci. Pencarian di bawah akan menampilkan deskripsi dari website Google [www.google.com].

info

9. Google Advanced Search
Jika anda merasa malas untuk menggunakan trik-trik di atas, maka anda bisa menggunakan tools yang disediakan Google di : Google Advanced Search.

Trik-trik di atas bisa digunakan untuk pencarian semua informasi atau file. Dari mulai mencari file mp3 open source (emang ada ya ? stop pembajakan hhaha), ebook, artikel dari website tertentu hingga kegiatan iseng dan stalking pun bisa dilakukan XD.

Sebenarnya ada masih banyak lagi trik-trik ninja pencarian Google yang lebih kompleks, dan tidak sekedar mencari di badan website, melainkan pada URL website. Bahkan sebagian besar digunakan tidak dengan semestinya. Contohnya website yang memiliki vulnerability pada program PHP nya dapat dengan mudah terindeks oleh Google dengan menggunakan allinurl: atau inurl: dll. Mungkin di kesempatan berikutnya saya akan coba bahas mengenai Google Hacking.

Reference : lifehacker.com | support.google.com
Image (google_anime) : goo.gl/AamnyH

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s