Android Cheat Sheet

Android

Setelah agak lama ngga update sampe mungkin domainnya mau dihapus wordpress juga haha.. post kali ini ngeshare “Android Cheat Sheet” 😀 Buat yang suka mainin OS buatannya Andy Rubin dkk. ini, khususnya beginner kaya gw, pasti kadang suka lupa sama syntax2 n beberapa parameter buat sekedar bikin listener button, adapternya listview sampe adapternya fragment hehe. Nah daripada harus bolak-balik ke Android Developer ato StackOverflow ato Vogella ato mungkin play-stop-play-stop playlistnya Vivz dari Slidenerd -*udah donlod 38 video modal curi2 wifi divnet 😀 mungkin cheat sheet amatir ini bisa sedikit membantu 🙂

1) Method onCreate Activity :

onCreate

2) Shortcut auto import Class di Eclipse -> “Ctrl” + “Shift” + “O”.

3) Deklarasi Object :

deklarasi object

4) Me-refer View yang ada pada Layout :

refering view

5) Membuat objek waktu :

calendar

6) Membuat Fullscreen Activity :

fullscreen activity

7) Membuat Listener Button :

listener button

8) Membuat beberapa Listener Button dalam satu Activity :

multiple listener button

9) Menampilkan Package Name dan Version Name Aplikasi :version name

10) Membuat ListView pada Activity + Adapter & Listener On Click & Listener On Long Click :

listview

11) Membuat ListView pada ListActivity + Adapter & Listener On Click & Listener On Long Click :

listactivity

12) Membuat adapter SpinnerView dan Listenernya :

spinnerView

13) Membuat Intent ke Activity lain :

intent

14) Membuat Menu :

create menu

15) Menyembunyikan item Menu pada Activity :

hide menu

16) Membuat Listener On Click Menu :

listener menu

17) Membuat Toast :

toast

18) Membuat custom Toast :

custom toast java

custom toast xml

19) Membuat Dialog :

create dialog

Yap mungkin sampai sini dulu untuk postingan cheat sheet part-1 ini, kalo ada kode yg salah atau mungkin mau comment2 bisa langsung diposting aja hehe.. next posting gw akan coba share cheat sheet part-2 nya hehehe.

Thx 🙂

Reference : Android Developer, StackOverflow, Vogella, Slidenerd

Image : cdn4.iconfinder.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s